Cara Merawat Tas Dengan Benar Sesuai Bahan Dasarnya


Tas adalah wadah tertutup yang bisa dibawa kemana-mana. Tas bisa terbuat dari bahan-bahan seperti kulit, plastik, kain, kertas dan lain-lain. Ada berbagai macam tas, misalnya tas ransel yang dapat di gendong di punggung, ada pula koper yang biasanya digunakan untuk memuat pakaian. Ada pula tas yang digunakan untuk membawa alat make up yang biasa disebut beauty case.

Tas sudah dipakai oleh pria maupun wanita dari tahun ke tahun. Saat ini tas menjadi salah satu industri yang menggiurkan. Banyak perusahaan-perusahaan yang memproduksi atau mendesain tas dengan bahan dan desain yang unik, bahkan ada beberapa tas yang menggunakan bahan limited edition atau terbatas. Di Indonesia sendiri ada tas yang terbuat dari kain batik dan di desain dengan sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Beda bahan yang digunakan untuk membuat tas, maka berbeda pula cara perawatannya. Diperlukan beberapa cara yang tepat untuk merawat tas kesayangan yang Anda miliki agar tas tersebut tetap awet dan masih tetap bisa digunakan. Karena salah perawatan tas, maka bisa saja menimbulkan kerusakan pada tas tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat tas yang terbuat dari bahan kanvas, kulit dan suede.

Kanvas

Bahan sangat kuat, berserat tebal dan kaku ini merupakan bahan buatan pabrik yang tahan lama. Karena perawatannya yang mudah dan tidak mudah rusak, maka tas ini banyak digemari oleh banyak orang.

Cara membersihkannya adalah dengan penuhi terlebih dahulu tas tersebut dengan kertas sampai penuh, lalu bersihkan bagian luarnya. Kemudian untuk bagian dalamnya, siapkan mangkuk yang berisi air.

Selanjutnya teteskan sampo bayi ke dalamnya, ambil handuk atau kain lap lalu celupkan ke dalam campuran air dan sampo dan usapkan atau gosokkan ke bagian dalam tas, setelah itu keringkan. Lengkapi tas dengan silica gel jika tidak digunakan dan simpan di dalam lemari.

Kulit

Timeless fashion, itulah tas kulit. Karena tas kulit ini mampu membuat orang yang memakainya terlihat berkelas. Selain itu, kulit juga merupakan bahan yang paling awet, lentur dan berkualitas untuk dijadikan tas atau pun fashion item yang lain.

Cara untuk merawat tas kulit ini adalah hindarkan takulit dari sinar matahari langsung agar tidak merusak teksturnya. Jika ada noda pada tas kulit ini, maka bersihkan menggunakan kain yang sudah diolesi dengan lotion atau bahan alami seperti minyak zaitun. Lalu gunakan gerakan satu arah untuk menggosoknya. Saat tidak digunakan, bungkus tas dengan dust bag agar dapat melindungi tas dari debu.

Suede

Suede atau beludru ini memang memerlukan perawatan yang cukup sulit. Memang benar dengan menggunakan tas ini penampilan Anda semakin elegan, namun juga memerlukan perawatan yang benar. Karena suede tidak bisa begitu saja dibersihkan dengan air ketika terkena noda.

Jika terkena cairan, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara menghisap cairan menggunakan handuk dengan cara menekankannya tepat pada noda dalam beberapa waktu. Selain itu, dalam keadaan kering, sikat bulu suede dengan sikat yang berbulu halus agar kembali ke bentuk semula. Dan saat ingin menyimpannya, masukkan kertas ke dalamnya agar menjaga bentuknya.

Mudah bukan merawatnya? Selain bisa membeli, sebaiknya Anda juga bisa merwat tas kesayangan Anda. Namun, bagi Anda yang ingin menambah koleksi tas kulit, suede maupun kanvas yang bisa menambah penampilan Anda semakin elegan, tas dengan model terbaru dan modern ada di Blibli.com yang merupakan e-commerce yang cocok untuk Anda kunjungi.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A55FD7503D47

Label

Recent Posts