Inovasi Kamera pada Smartphone


Smartphone sekarang sudah mempunyai beberapa fungsi, salah satu fungsi lainnya adalah untuk dunia photography. Perkembangan kamera pada smartphone pun tidak dipungkiri kecanggihannya. Berikut beberapa teknologi lainnya yang unik dan pernah diaplikasikan pada kamera ponsel pintar:
Kamera Ganda

HTC adalah produsen pertama yang memasang kamera ganda pada ponsel ketika meluncurkan One M8 pada 2014. Kualitas gambar yang dihasilkan teknologi tersebut membuat Apple, LG, Huawei, dan jenama lain ikut memasang fitur tersebut pada ponsel kelas atas mereka mulai 2016.

Flash Kamera Depan
Fitur yang satu ini umumnya banyak ditemukan di ponsel-ponsel yang mengutamakan aktivitas swafoto. Populernya swafoto atau selfie membuat beberapa produsen ponsel serius mengembangkan teknologi kamera depan. Salah satunya dengan menambahkan lampu kilat (flash). Dengan penambahan flash, pengambilan swafoto di tempat yang kurang cahaya tak lagi menjadi masalah.

OIS Pada Kamera Depan
Salah satu fitur fotografi ponsel yang terbukti paling membantu hasilkan foto yang minim blur adalah penstabil gambar optik atau yang biasa disingkat OIS. Umumnya, fitur yang satu ini hanya hadir pada ponsel-ponsel kelas premium saja.

Jika biasanya fitur OIS ditanamkan pada kamera belakang, HTC 10 hadir menjadi yang pertama menggunakan OIS pada kedua kameranya. Dengan kata lain, baik menggunakan kamera depan maupun belakang, penggunanya tidak perlu takut akan dapatkan hasil foto yang blur.

Tidak banyak produsen ponsel yang mau memanfaatkan teknologi optical zoom pada kamera ponsel buatannya. Alasan dibalik keengganan itu adalah ruang besar yang dibutuhkan untuk menaruh lensa, sehingga dimensi ponsel turut menjadi besar dan berat.

Meski demikian, Samsung menjadi jenama yang tidak takut berinovasi dengan fitur ini melalui ponsel Galaxy S4 Zoom dan Galaxy K Zoom.

Samsung menawarkan kemampuan 10x optical zoom dan sensor resolusi tinggi (16MP di S4 Zoom dan 20MP di K Zoom). Meski sensor yang digunakan sesuai standar kamera ponsel, tapi pengguna dapat melakukan pembesaran berkali-kali pada objek yang jauh tanpa mengurangi kualitas gambar.
Karena jika menggunakan fitur digital zoom, kualitas gambar akan menurun sejalan dengan pembesaran yang dilakukan.

Kamera yang berputar
OPPO menjadi jenama Tiongkok yang pernah mengaplikasikan inovasi seperti ini di ponselnya. Dengan pemikiran "Mengapa kamera depan dan belakang harus bekerja secara terpisah ketika semua bisa dilakukan secara bersamaan", OPPO menghadirkan modul kamera yang dapat diputar pada lini seri N1 dan N3.

Secara sederhana jika pengguna ingin melakukan swafoto, posisi kamera akan otomatis berubah menjadi ke depan. Fitur panorama juga berfungsi maksimal karena kamera akan berputar sesuai arahan pengambilan objek.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A55FD7503D47

Label

Recent Posts